Joe Biden dan Harapan Para Pemimpin Dunia

Tiensamedia – Dalam beberapa minggu ini setelah Pemilu AS, dimana kemenangan diraih Joe Biden atas Donald Trump. Joe Biden akan melanggeng ke Gedung Putih, diperkirakan akan membawa AS pada tradisi masa lalu. Joe Biden akan dilantik 20 Januari mendatang sebagai presiden tertua dalam sejarah  Amerika Serikat. Sebelumnya, rekor itu dipegang oleh Ronald Reagan, yang mengakhiri jabatannya pada 20 Januari 1989, pada usia 77 tahun dan 349 hari.

Kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris dalam Pemilihan Amerika Serikat (AS) 2020 menjadi perhatian para pemimpin negara di dunia. Biden dan Harris terpilih menjadi presiden dan wakil presiden AS dalam Pilpres AS setelah mengalahkan pasangan petahanan Donald Trump dan Mike Pence. Sederet pemimpin negara di dunia pun memberikan ucapan selamat atas kemenangan tersebut.

Hal itu menjadi sorotan dalam Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI) dalam acara diskusi Global Town Hall pada Jumat 20 November 2020 malam.

Diskusi ini dimulai dengan pembahasan mengenai hubungan Amerika Serikat dan China, kedua negara ini diketahui telah mengalami ketegangan di masa kepemimpinan Presiden Donald  Trump. Meskipun Biden dinilai pernah dekat dengan Beijing, tapi peranannya juga tetap akan menentukan arah diplomasi antara kedua negara ke depannya.

Seorang profesor terkemuka bernama Joseph S. Nye Jr, mengungkapkan bahwa kepemimpinan Biden mungkin akan menurunkan ketegangan antara AS dan China. Namun, diplomasi keduanya tidak akan bisa kembali seperti 10 atau 20 tahun yang lalu.

Ia juga mengatakan bahwa Biden tidak akan mengambil langkah agresif seperti yang dilakukan Donald Trump dalam merespons China. Ia menilai Biden akan mendengarkan opini publik sebelum menjalankan kinerjanya.

Kemenangan Biden dan Kamala Harris akan berdampak pada hubungan China dan Hongkong serta China dan Taiwan. Negara-negara tersebut sedang berbenturan atas kepentingan yang berbeda.

Pendapat lain dari Mantan Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik Kurt M. Campbell, ia menyebutkan bahwa kemenangan Biden akan menghidupkan kembali diplomasi ala Obama, di mana AS akan melakukan perjanjian ekonomi dengan negara-negara di Asia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *